Strategi Pemasaran Online Jangka Panjang Untuk UKM

Home ยป Strategi Pemasaran Online Jangka Panjang Untuk UKM

Ada cukup banyak strategi pemasaran online yang bisa dilakukan saat ini. Beberapa yang populer diantaranya adalah FB Ads, Email marketing, Adwords, dan SEO.

Di tulisan kali ini, Saya tidak akan membahas mana yang terbaik dan paling efektif. Karena semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Singkat kata, setiap strategi yang digunakan sangat bergantung pada produk atau jasa yang ingin dipasarkan.

Tapi jika indikatornya adalah pemasaran online untuk jangka panjang, maka bisa dikatakan jika SEO merupakan teknik pemasaran yang efektif, khususnya untuk UKM.

Alasan SEO Merupakan Strategi Pemasaran Online Jangka Panjang Untuk UKM

Strategi Pemasaran Online

Cara kerja SEO memang tidak sebentar, karena membutuhkan waktu dan juga proses. Idealnya, proses pengerjaan SEO bisa memakan waktu 4-6 bulan, bahkan bisa lebih.

Selain itu, biaya pengerjaannya juga tidak murah. Karena memang dibutuhkan modal untuk mengerjakan suatu proyek SEO.

Tapi jika dikerjakan dengan baik dan benar, dampak SEO ini sangat baik untuk jangka panjang.

Misalnya:

Anda membidik kata kunci “jual busana muslim wanita” untuk dioptimasi dengan SEO, karena memang menjual produk tersebut di toko online Anda.

Jika teknik SEO yang dikerjakan benar-benar baik, kata kunci tersebut akan berhasil tampil di halaman 1 mesin pencari dalam waktu yang lama.

Bahkan terkadang, jika toko online-nya rutin di-maintenance, website Anda akan sangat sulit untuk digeser dari halaman 1 mesin pencari.

Pertanyaan selanjutnya:

Bagaimana kalau sekiranya ada pemain besar yang juga menggunakan teknik SEO? Bukannya itu akan berdampak buruk bagi UKM?

Secara umum, harus diakui jika UKM memang memiliki modal yang terbatas, sehingga akan sangat sulit bersaing dengan pemain besar dalam hal finansial.

Namun jika produk UKM tersebut benar-benar unik dan limited, akan lebih mudah bagi UKM tersebut untuk bertahan.

Dan jika menggunakan teknik SEO yang baik dan benar, tak tertutup kemungkinan jika UKM tersebut akan semakin berkembang pesat.

Yang harus digarisbawahi, persaingan dalam dunia bisnis akan selalu ada dan tak akan bisa dihindari.

Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, dan silahkan di-share agar semakin banyak orang yang tau.

By | 2018-04-30T09:39:07+00:00 April 30th, 2018|Bisnis Online|0 Comments

About the Author:

Blogger || Internet Marketer (SEO) || Entrepreneur (Online Shop)