Skip to main content
Polytron Produk Asli Indonesia

9 Produk Asli Indonesia Yang Telah Sampai Hingga Ke Mancanegara

Produk Asli Indonesia

Apa yang pertama kali menjadi bahan pertimbangan dan perhatian Anda jika ingin membeli suatu produk?

Yup, pastinya adalah merek produk tersebut. Karena biasanya Anda akan mengasosiasikan semakin terkenal brandnya maka akan semakin baik pula kualitasnya.

Dan kebanyakan orang menganggap bahwa brand yang memiliki kualitas baik adalah produk buatan luar negeri.

Salah satu penyebabnya adalah, masih banyak masyarakat di sekitar kita yang lebih merasa bangga ketika menggunakan merek luar negeri.

Jika ditanya alasannya, secara spontan mereka akan menjawab bahwa menggunakan produk buatan luar negeri terkesan lebih keren. Terutama karena mereknya yang kebarat-baratan.

Padahal banyak juga loh produk asli Indonesia yang kualitasnya setara dengan produk buatan luar negeri.

Well, Saya pribadi termasuk orang yang lebih mengutamakan memakai produk asli Indonesia. Dengan catatan, kualitasnya juga harus oke.

Dan alasan Saya memakai produk buatan dalam negeri bukan hanya ingin berkoar-koar menyerukan mari bangga menggunakan produk asli Indonesia tanpa alasan yang jelas.

Produk asli Indonesia yang mendunia

Saya hanya ingin menunjukkan bahwa ada sejumlah produk asli Indonesia dengan kualitas yang tak kalah hebatnya, jika dibandingkan dengan produk buatan luar negeri.

Bahkan produk-produk lokal tersebut telah sampai ke mancanegara!

Tidak percaya?

Inilah 9 Produk Asli Indonesia Yang Telah Sampai Ke Mancanegara

#1. Excelso Coffee

Kenikmatan kopi asal Indonesia telah diakui oleh dunia, sehingga tidak mengherankan jika banyak pengusaha kopi dari luar negeri yang mengimpor biji kopi dari Indonesia.

Excelso Produk Asli Indonesia

Dan untuk ukuran brand sebuah kopi, Indonesia juga tidak kalah hebatnya.

Jika Amerika Serikat punya Starbucks, Indonesia punya Excelso.

Excelso coffee yang merupakan bagian dari kapal api group, pertama kali dibuka pada September 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta.

Hingga saat ini, Anda bisa menemukan banyak sekali gerai Excelso yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bahkan jika Anda bepergian ke Tiongkok sekalipun, Anda akan menemukan gerai Excelso disana.

Ya, Excelso telah memilih Shenzhen, Tiongkok sebagai gerai pertamanya di mancanegara.

So, bagi Anda yang merupakan pecinta kopi namun masih cenderung mengkonsumsi brand kopi luar, ada baiknya untuk beralih ke Excelso coffee yang merupakan produk asli Indonesia.

#2. The Executive

Dari namanya yang agak kebarat-baratan, sebagian orang (terutama yang tidak terlalu paham akan fashion) akan mengira bahwa The Executive adalah sebuah brand pakaian dari luar negeri.

Namun nyatanya, The Executive merupakan brand fashion dalam negeri yang mampu memikat kaum urban untuk menggunakan produknya.

The Executive Produk Asli Indonesia

Berdasarkan survei Indonesia Original Brand (IOB) pada tahun 2014 yang lalu, The Executive berhasil menjadi merek busana kerja yang banyak diminati oleh kaum Pria.

Jika Anda sering bepergian ke beberapa mall yang ada di Indonesia, Anda bisa melihat sendiri kualitas dari brand lokal yang satu ini.

#3. Edward Forrer

Sama halnya dengan The Executive, Edward Forrer juga merupakan produk asli Indonesia. Yang membedakannya, Edward Forrer lebih fokus pada produk sepatu dan tas.

Edward Forrer Produk Asli Indonesia

Sebagai informasi, Edward Forrer telah berhasil mengekspor produknya hingga ke luar negeri seperti Australia, Malaysia, hingga ke Hawaii.

Edward Forrer yang memulai produksi sepatu sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat, saat ini memiliki kantor pusat di Jalan Veteran No. 44 Bandung.

#4. Parfum Casablanca

Produk asli Indonesia berikutnya adalah sebuah parfum yang namanya sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat kita. Yup, Casablanca.

Bagi Anda yang gemar memakai parfum, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Casablanca.

Casablanca merupakan merek sebuah parfum, deodoran, dan produk perawatan tubuh yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980.

Parfum Casablanca Brand Asal Indonesia

Casablanca yang berada di bawah naungan PT Priskila Prima Makmur ini memiliki kantor pusat di Jakarta.

Selain merek Casablanca, PT Priskila Prima Makmur juga memproduksi berbagai merek seperti Bellagio, Camellia, dan Regazza.

#5. Eiger

Nama Eiger berasal dari nama gunung yang terdapat di pegunungan Alpen, Swiss.

Brand yang satu ini pastinya sudah sangat dikenal bagi mereka yang memiliki hobi berpetualang (Adventure) seperti hiking, berkemah, dan wisata alam lainnya yang memang harus melewati medan (jalan) yang tidak biasa.

Eiger Produk Asli Indonesia

Eiger merupakan brand asal dari Indonesia yang memproduksi pakaian dan peralatan untuk rekreasi alam.

Brand Eiger sendiri anak usaha dari PT. Eksonindo Multi Product Industry yang didirikan pada tahun 1990-an oleh Ronny Lukito, seorang pengusaha asal Bandung.

Perusahaan yang satu ini telah menguasai pasar Indonesia dan luar negeri seperti Libanon, Singapura, Filipina, dan Jepang.

#6. Bodypack

Sama seperti Eiger, Bodypack juga merupakan merek sebuah tas. Keduanya juga sama-sama merupakan produk asli Indonesia dan merupakan bagian dari PT. Eksonindo Multi Product Industry milik Ronny Lukito.

Hanya saja, desain yang dimiliki oleh Bodypack lebih difokuskan untuk menunjang aktivitas keseharian dunia modern.

Bodypack Produk Asli IndonesiaBagi Anda yang akan beraktivitas sambil membawa laptop atau gadget ke kampus, kantor, atau tempat lainnya, Bodypack merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

#7. Polytron

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama Polytron?

Rasanya hampir sebagian dari kita (termasuk Saya dulunya) menganggap bahwa Polytron merupakan brand asal luar negeri.

Namun ternyata, Polytron merupakan salah satu produk asli Indonesia yang telah mendunia!

Perusahaan elektronik yang didirikan pada 16 Mei 1975 di Kudus (Jawa Tengah) ini awalnya bernama PT. Indonesian Electronic & Engineering.

Kemudian pada 18 September 1976 berubah nama menjadi PT. Hartono Istana Electronic, lalu merger dan berganti nama menjadi PT. Hartono Istana Teknologi.

Polytron Produk Asli Indonesia

Menurut Santo Kadarusman selaku Public Relations & Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi, produk Polytron telah diekspor ke 32 negara.

Negara yang kerap melakukan repeat order adalah India, Pakistan, Srilangka, Republik Dominika, Thaliand, Fhilipina, Vietnam, Myanmar, Bahrain, dan UEA. (http://www.marketing.co.id/strategi-polytron-menaklukan-dunia/)

#8. Polygon

Anda yang gemar bersepeda pastinya sudah sangat akrab dengan merek yang satu ini, Polygon.

Dan tidak hanya di Indonesia, saat ini Polygon telah dikenal luas di kawasan Asia dan akan terus melebarkan sayapnya ke kawasan lain di seluruh dunia.

Polygon Produk Asli Indonesia

Polygon merupakan produk asli Indonesia yang berada di bawah naungan PT. Insera Sena.

Adapun pembuatan dan perakitan sepeda Polygon sendiri berada di Jawa Timur, tepatnya di Buduran (Sidoarjo) yang dimulai sejak tahun 1989 hingga sekarang.

#9. GT Radial

Apakah Anda pernah mendengar nama produsen ban mobil dengan brand GT Radial?

GT Radial merupakan salah satu produsen ban mobil yang terkenal, dan telah meraih sertifikasi internasional untuk produk ban di bidang kualitas dan keamanan.

Mereka juga telah berhasil mengekspor produknya hingga ke mancanegara. Diantaranya Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Brasil, dan Tiongkok.

GT Radial Produk Asli Indonesia

Dan tahukah Anda jika GT Radial yang merupakan salah satu sponsor pada ajang AFF Suzuki cup 2016 merupakan produk asli Indonesia?


Nah, itulah 9 produk asli Indonesia yang telah sampai hingga ke mancanegara.

Sekarang, bagaimana tanggapan Anda terhadap ke-9 produk asli buatan Indonesia di atas?

Apakah Anda sudah mengetahui sebelumnya akan produk-produk di atas?

Atau mungkin Anda baru ngeh kalau produk di atas merupakan buatan Indonesia?

Jika iya, rasanya hal ini sesuai dengan pepatah yang mengatakan Don’t judge the book by it’s cover. Yang artinya Jangan hanya menilai sesuatu dari luarnya saja. 

Mungkin Anda tidak pernah menyangka jika nama-nama brand di atas merupakan brand asli Indonesia.

Karena hampir semua nama brand di atas memang sedikit kebarat-baratan.

Well, ke-9 produk asli Indonesia di atas memang memiliki kualitas yang tidak kalah hebatnya dengan produk buatan luar negeri.

Dan kabar baiknya, semua produk made in Indonesia dia atas biasa Anda dapatkan di BliBli.com.

BliBli.com merupakan toko online yang menjual berbagai macam barang seperti branded fashion, sports, elektronik, otomotif, dan berbagai barang dengan kategori lainnya.

Di Blibli.com, Anda bisa merasakan sensasi belanja online shop ala Mall.

Galeri Indonesia BliBli.com – 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

BliBli.com selalu menunjukkan komitmen dan kecintaanya untuk Indonesia. Salah satunya, BliBli kerap memberi dukungan dengan menjadi sponsor event badminton yang diikuti sejumlah pebulutangkis asal Indonesia.

Hal ini merupakan bentuk dukungan sekaligus dorongan semangat, agar para atlet Indonesia yang berlaga di ajang tersebut bisa menuai prestasi.

BliBli Badminton

Namun tak hanya sampai disitu wujud kecintaan BliBli pada tanah air. Karena yang namanya nasionalisme memang tak pernah ada batasnya.

Dengan maksud dan tujuan mulia untuk memperkenalkan brand dalam negeri (Yang berkualitas tentunya), BliBli menyediakan 100% produk kreatif asli Indonesia yang bisa Anda dapatkan di Galeri Indonesia BliBli.

Di galeri tersebut, Anda akan menemukan berbagai produk asli Indonesia mulai dari baju, celana, dress, rok, hingga dompet. Dan semuanya merupakan produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia!

Dengan kualitas yang tidak kalah hebatnya dengan produk buatan luar negeri, sudah seharusnya kita bangga menggunakan produk asli Indonesia.

Produk Asli Indonesia

Mari Kita Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Blibli.com “Big Choices, Big Deals”

Reza Aditya

A Full Time Blogger And Internet Marketer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!