Skip to main content
Review LPG Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – [Review] Produk

Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kalimat barusan?

Saya yakin bahwa salah satu hal yang langsung muncul di benak Anda adalah, sebuah perusahaan berpelat merah (BUMN) yang sangat dikenal dengan bisnis SPBU-nya.

Ya, Kita semua tentunya mengetahui, bahwa Pertamina melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum-nya (SPBU) memang sudah sangat dikenal dan memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia.

Terutama bagi para pemilik kendaraan bermotor seperti Saya.

Padahal jika kita telusuri lebih jauh, Pertamina tidak hanya memfokuskan bisnisnya pada bahan bakar kendaraan bermotor saja.

Di situs resmi Pertamina, kita bisa melihat bahwa Perusahaan Milik Negara ini juga menyediakan gas LPG yang saat ini menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Meskipun demikian harus diakui bahwa di Indonesia secara umum, Pertamina memang lebih dikenal dengan SPBU-nya tersebut.

Dan faktanya memang, sebagian besar masyarakat Indonesia (Khususnya pengguna mobil maupun sepeda motor) yang membutuhkan BBM Berkualitas dan BBM Ramah Lingkungan, selalu setia menggunakan BBM dari Pertamina.

Hal ini tentunya membuat keberadaan Pertamina sangat dekat dengan masyarakat, karena mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi mereka.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Dimata Masyarakat Indonesia

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Hampir sebagian besar Warga Negara Indonesia mengenal Pertamina.

Adapun sebagian kecil masyarakat Indonesia yang tidak atau mungkin belum mengenal, rasanya hanya anak kecil, dan mereka yang memang kurang update informasi.

Atau mungkin (Maaf) mereka yang tinggal di daerah pedalaman.

Di situs populer Wikipedia yang membahas tentang Pertamina, tertulis bahwa Pertamina merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang memiliki tugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Di situs tersebut juga tertulis bahwa Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum-nya (SPBU) di Indonesia.

Namun hal tersebut telah dihapuskan oleh pemerintah pada tahun 2001 yang lalu.

Jika berbicara seputar SPBU yang dimiliki oleh Pertamina, sebagian besar pengguna kendaraan bermotor pastinya akan langsung teringat akan BBM Premium, yang memang merupakan primadona di Indonesia.

Padahal selain BBM Premium tersebut, Pertamina melalui SPBU-nya yang tersebar di seluruh Indonesia juga menyediakan Pertalite yang merupakan BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau.

Disamping itu, ada juga Pertamax yang saat ini harganya tidak jauh berbeda dengan BBM berjenis Premium, maupun Pertalite (Silahkan cek sendiri di Google).

Well, Saya tidak akan terlalu banyak membahas terkait jenis bahan bakar yang dimiliki oleh Pertamina tersebut.

Karena yang juga menjadi concern Saya pada pembahasan seputar Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini, adalah produk Pertamina lainnya yang memiliki peran tidak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan BBM.

Produk tersebut adalah LPG (Liquefied Petroleum Gas) atau yang juga dikenal sebagai Gas Minyak Bumi.

LPG – Salah Satu Produk Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

LPG merupakan gas minyak bumi yang dicairkan dan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Khususnya para Ibu rumah tangga.

Pertamina Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, keberadaan LPG Aman dan berkualitas tentunya akan sangat dibutuhkan.

Karena faktanya, sejak terjadinya konversi dari minyak tanah menjadi gas, LPG telah menjadi kebutuhan pokok yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Terutama oleh Ibu Rumah Tangga.

LPG sendiri merupakan kependekan dari Liquefied Petroleum Gas atau Gas Minyak Bumi yang dicairkan (Sumber: http://www.insinyoer.com/apa-itu-lpg/).

Dan di Indonesia, yang menjadi Top of Mind masyarakat jika berbicara seputar LPG adalah ELPIJI (Sebuah merek) yang juga dimiliki oleh Pertamina.

Bagi Anda yang peka terhadap lingkungan sekitar, pastinya bisa melihat bahwa ELPIJI yang sering beredar di tengah-tengah masyarakat adalah ELPIJI yang berukuran 3 Kg.

Alasannya sangat masuk akal… Karena ELPIJI ini harganya sangat terjangkau (Murah).

Ya, ELPIJI 3 Kg ini mendapat bantuan/subsidi dari pemerintah, karena memang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sedangkan bagi masyarakat kelas menengah ke atas, pihak Pertamina telah menyediakan LPG dengan merek Bright Gas yang telah Saya review di bawah ini.

[Review] LPG Pertamina Bright Gas 5,5 Kg – Aman dan Berkualitas Untuk Kelas Menengah Ke Atas

Bright Gas merupakan merek LPG yang dimiliki oleh Pertamina, dan ditujukan untuk golongan menengah ke atas.

Oleh karena itu, produk Bright Gas tidak mendapat subsisidi dari pemerintah seperti halnya ELPIJI yang banyak beredar di tengah masyarakat.

Pada awalnya, pihak Pertamina menyediakan Bright Gas 12 Kg bagi masyarakat yang menginginkan LPG dengan kualitas premium.

Namun karena mungkin dianggap terlalu mahal, Pertamina memberikan alternatif dengan menyediakan Bright Gas ukuran 5,5 Kg.

LPG Aman dan Berkualitas Dari Pertamina

Bisa dikatakan jika Bright Gas 5,5 Kg ini, ditujukan bagi masyarakat kelas menengah ke atas yang ingin menggunakan LPG berkualitas premium, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan kata lain, Bright Gas 5,5 Kg ini merupakan Bright Gas Hemat.

5 Keunggulan dan Kelebihan Bright Gas 5,5 Kg Dari Pertamina

Secara umum, Bright Gas 5,5 kg memiliki kandungan/isi yang tidak jauh berbeda dengan ELPIJI 3 Kg, maupun ELPIJI 12 Kg.

Namun yang harus digarisbawahi, produk Bright Gas dilengkapi fitur ekstra pengaman, dengan berbagai kelebihan beserta keunggulan lainnya. Antara lain:

#1. Dua Kali Lebih Aman Dari Kebocoran

Produk Bright Gas dilengkapi dengan katup pengaman ganda (Double Spindle Valve System), yang bertujuan untuk mencegah kebocoran pada kepala tabung.

Dengan demikian, apabila salah satu bagian katupnya rusak, gas akan tertahan oleh katup pengaman yang lain, sehingga tidak akan langsung keluar.

#2. Kualitas Terjamin dan Tidak Bisa Dipalsukan

Bright Gas 5,5 Kg memiliki segel hologram yang bertuliskan PERTAMINA dan LPG, dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang sudah mendapatkan hak paten.

Bagi Anda yang ingin mengetahui ciri-ciri dari keaslian segel tersebut, Anda bisa melihat warna hologram yang akan tampak berbeda, jika dilihat dari berbagai sisi yang berbeda.

Selain segel hologram, terdapat pula QR Code yang sangat berguna bagi pelanggan.

Hal ini karena pelanggan dapat melakukan scanning (Pemindaian), yang nantinya akan memberikan informasi terkait lokasi pengisian Bright Gas.

Dan untuk melakukan proses scanning juga cukup mudah. Yakni dengan menggunakan aplikasi yang bisa di unduh.

Dengan sejumlah fitur bermanfaat yang terdapat pada Bright Gas tersebut, tentunya sangat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna.

Terutama dalam hal pemalsuan suatu produk.

#3. Dilengkapi Dengan Sticker Petunjuk Penggunaan

Bright Gas 5,5 Kg memiliki safety sticker terkait cara penggunaannya.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi para pengguna (Terutama yang masih awam), dalam memasang dan menggunakan tabung gas dengan cara yang baik dan benar.

#4. Praktis dan Ekonomis 

Praktis – Berat total tabung Bright Gas 5,5 Kg adalah 12,6 Kg.

Dimana terdiri dari 5,5 Kg berat isi, dan 7,1 Kg berat tabung.

Dengan demikian, Bright Gas ukuran 5,5 Kg pastinya lebih ringan dan mudah untuk dibawa.

Dan untuk Ibu Rumah Tangga yang selama ini kesulitan dalam membawa tabung gas, saat ini tidak perlu khawatir lagi.

Ekonomis – Untuk harga jual Bright Gas di wilayah Jabodetabek, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp. 57.500 untuk isi ulang Bright Gas 5,5 Kg, dengan biaya ongkos kirim Rp. 8.000.

Sedangkan untuk Bright Gas 12 Kg, harga isi ulangnya adalah Rp. 131.000, dengan biaya ongkos kirim Rp. 15.000.

Jika dibandingkan dengan Bright Gas 12 Kg, harga Bright Gas 5,5 Kg tentunya lebih ekonomis.

#5. Memiliki Desain Unik dan Menarik

Bright Gas 5,5 Kg yang tersedia saat ini adalah berwarna pink, yang bertujuan untuk memberikan kesan unik dan menarik bagi pengguna.

Kombinasi warna unik/menarik beserta ukuran yang mungil ini, tentunya bisa memperindah dapur Anda dan membuat pengalaman memasak jadi lebih menyenangkan.

Hampir bisa dipastikan, seorang Ibu Rumah Tangga akan sangat menyukai hal ini!

Petunjuk Pemakaian LPG Pertamina Bright Gas


Untuk memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin mendapatkan Bright Gas 5,5 Kg, silahkan lakukan penukaran tabung lama Anda selama masa promo berlaku, dengan ketentuan sebagai berikut:

Masa Promo Bright Gas 5.5 Kg
http://www.pertamina.com/our-business/hilir/pemasaran-dan-niaga/produk-dan-layanan/produk-konsumen/gas-untuk-memasak/bright-gas-5,5kg/

*)Belum termasuk ongkos kirim Rp 8.000/tabung.

NB:

  • Syarat dan Ketentuan Dapat Berubah Sewaktu-waktu
  • Ketentuan Paket Dapat Berubah-ubah Tergantung Acara/Event Beserta Lokasi
  • Info Lebih Lanjut Terkait Promo Terbaru, hubungi Contact Pertamina di Nomor: 500.000

Cara Mendapatkan Bright Gas 5,5 Kg Melalui Jaringan Distributor

Selain melalui informasi Promo (Jika masih ada) di atas, Anda bisa mendapatkan Bright Gas 5,5 Kg melalui jaringan distributor yang sama dengan ELPIJI 12 Kg, Warung/Toko, outlet Indomaret, dan SPBU Pertamina.

Saat ini mungkin ketersediaan Bright Gas 5,5 Kg belum merata. Namun secara bertahap, Bright Gas versi Hemat ini akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Cara Mendapatkan Bright Gas 5,5 Kg Melalui Layan Antar

Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan melalui Bright Gas Layan Antar, silahkan menghubungi Contact Pertamina di nomor 500.000.

Pemesanan layan antar dapat dilakukan melalui telepon Agen, toko, dan outlet langganan anda. Ataupun melalui Contact Pertamina di atas.

Adapun lama waktu pengantaran adalah maksimal 3 jam setelah pemesanan, dengan jam operasional kerja pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Kesimpulan Terkait Bright Gas 5,5 Kg – Cocok Untuk Siapa?

Jika Anda terlebih dahulu membandingkan antara Bright Gas dengan ELPIJI sebelum menggunakan salah satunya, rasanya kurang adil.

Karena kedua produk LPG Pertamina tersebut memiliki segmentasi pasar yang sangat berbeda.

Namun jika Anda bingung memilih antara Bright Gas ukuran 12 kg dengan 5,5 kg dan lantas membandingkan keduanya, hal tersebut sangat masuk akal dan bisa dimaklumi.

Menurut Saya pribadi, Bright Gas 5,5 Kg sangat cocok untuk Wanita Karir, Penghuni apartemen, atau Anda yang tidak terlalu sering memasak dirumah, dan lebih menginginkan sesuatu yang praktis dan tampak minimalis.

Bagaimana menurut Anda?

Yuk berdiskusi di kolom komentar.


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

PS: Artikel ini diikutsertakan dalam Pertamina Blog Competition dengan pembahasan seputar Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

Reza Aditya

A Full Time Blogger And Internet Marketer.

2 thoughts on “Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – [Review] Produk

  1. Saya pikir harganya diatas 100ribu ternyata cuma 57ribu yah :)
    tapi yang agak repot si bawanya, karena setahu saya ga semua warung yg jual ga mau anter, kalau bawa sendiri lumayan berat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!