Blogging For Sharing Atau Blogging For Earning [Berbagi Opini]

Blogging for sharing atau blogging for earning?

Jika pertanyaan itu dilontarkan kepada Saya, jujur saja Saya akan mengatakan ingin keduanya. Ingin sharing sekaligus menghasilkan sejumlah uang (Earning) dari aktivitas ngeblog.

Dan Saya yakin, hampir semua blogger juga menginginkan hal yang demikian.

Namun masalahnya, untuk kasus di awal-awal ngeblog, kita sebagai seorang blogger ternyata harus memilih salah satu dari keduanya terlebih dahulu.

Pilih sharing atau earning?

Blogging For Sharing Atau Blogging For Earning

Jika lebih mementingkan sharing, seorang blogger akan lebih fokus untuk menulis berbagai macam konten (Yang menururtnya) bermanfaat, meskipun pada saat itu belum ada orang yang membutuhkannya.

Dan jika lebih mementingkan earning, seorang blogger biasanya akan lebih memilih untuk menulis konten yang memang diinginkan, dicari, atau dibutuhkan oleh banyak orang.

Tujuannya agar lebih cepat mendapatkan trafik pengunjung, sehingga proses monetisasi blog bisa sesegera mungkin dilakukan.

Dan efeknya, blog tersebut akan mampu menghasilkan sejumlah uang.

Terkesan oportunis?

Tidak juga.

Karena selama tidak ada pihak yang merasa dirugikan, hal tersebut rasanya sah-sah saja untuk dilakukan.

Namun yang lebih meresahkan adalah jika ada blogger yang rela menulis apapun blognya, bahkan konten negatif sekalipun, hanya untuk mendapatkan pengunjung.

Hal ini tentu saja tidak baik, dan sebenarnya tidak etis jika dilakukan oleh seorang blogger. Meskipun demikian hal tersebut dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing.

Yang harus digarisbawahi adalah, aktivitas ngeblog itu tidak jauh berbeda seperti halnya orang-orang yang berinvestasi properti, emas, dan lain sebagainya.

Mereka rela menghabiskan sejumlah uang diawal, karena mengetahui bahwa hal tersebut akan sangat berguna di masa yang akan datang.

Dan mereka jugalah yang nantinya akan menikmati hasilnya…

Begitu juga halnya dengan seorang blogger, yang di awal-awal mungkin harus menyediakan banyak waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan sejumlah uang untuk merawat dan membesarkan blognya.

Namun ketika blognya tersebut sudah besar dan berhasil, dia (Blogger) jugalah yang akan memetik hasilnya.

Sebagai penutup, Saya teringat akan Ranchodas “Rancho” Chanchad yang merupakan salah satu tokoh di film 3 idiots, dimana dia selalu mengatakan:

Jangan Mengejar Kesuksesan (Materi), Tapi Kejarlah Kesempurnaan, Maka Kesuksesan Akan mengikutimu.

Dan dalam menjalani aktivitas ngeblog, Saya setuju dengan pendapat di atas.

Sekarang bagaimana menurut Anda?

Mana yang lebih penting dan diutamakan?

Blogging for sharing atau blogging for earning?

Mari berdiskusi di kolom komentar.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *