Skip to main content
Blogger Indonesia Yang Sukses Tanpa Adsense

Blogger Indonesia Yang Sukses Dan Berprestasi Tanpa Google Adsense

Sebelum Anda salah paham, Saya akan langsung menjelaskan terkait maksud dari judul artikel di atas. Yakni blogger Indonesia yang sukses dan berprestasi tanpa google Adsense.

Saya sama sekali tidak bermaksud dan mengatakan bahwa program google adsense itu jelek.

Tidak sama sekali.

Buktinya, banyak blogger di Indonesia yang berhasil meraup ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu dollar setiap bulannya dari program google Adsense.

Bahkan Saya sendiri masih menjalankan program ini walaupun hasilnya tidak sebagus jika dibandingkan dengan para expert diluar sana.

Namun yang ingin Saya coba sampaikan pada tulisan ini adalah:

Jangan Terlalu Fanatik Dengan Program Google Adsense

Alasannya?

Selain google Adsense, ada banyak sekali sumber penghasilan lain yang bisa dimanfaatkan oleh para Blogger di Indonesia.

Terutama bagi Anda yang basic-nya memang gemar menulis (Blogging), namun lemah dalam hal pemasaran konten (SEO).

Saya pribadi (Dan mungkin beberapa expert lainnya) sepakat bahwa untuk sukses di Adsense, sebuah blog sebaiknya mendapatkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari (Dengan menggunakan teknik SEO).

Karena pengunjung seperti inilah yang biasanya cenderung memberikan banyak klik pada sebuah blog yang memiliki iklan Adsense.

Back to the Topic…

Pada tulisan kali ini Saya telah membuat daftar blogger di Indonesia yang sudah membuktikan bahwa untuk sukses di dunia blogging, tidaklah harus melulu berhubungan dengan Adsense.

Inilah 4 Blogger Indonesia Yang Sukses dan Berprestasi Tanpa Google Adsense

Note:

  • Nama-nama blogger berikut ini disusun secara acak (Random).
  • Jika Anda mengetahui profile blogger lainnya yang sesuai dengan tulisan ini, silahkan share di kolom komentar atau email ke: rezaditya88@gmail.com. Karena daftar/list para blogger ini akan diupdate secara rutin.

#1. Isnuansa Maharani

Nama lengkap beliau adalah Isnuansa Maharani. Namun banyak orang yang lebih suka memanggil beliau dengan nama panggilannya. Yakni Mbak Nunik.

Setelah Bu Guru Anne Ahira, Mbak Nunik merupakan salah satu Blogger Wanita favorit Saya. Tulisannya simpel, sederhana, tidak dipaksakan, namun tepat sasaran.

Isnuansa Maharani

Terutama berbagai tulisan yang merupakan titipan dari sponsor, dimana Mbak Nunik bisa menjual tanpa terlihat menjual.

Mbak Nunik sendiri sudah ngeblog sejak tahun 2005, dan masih eksis hingga saat ini.

Beliau memonetisasi blognya melalaui berbagai kerjasama dengan beberapa brand. Dan hal tersebut jugalah yang membuatnya bisa merasakan jalan-jalan gratis ke berbagai kota, bahkan negara lain!

#2. Priangga Otviapta

Pertama kali Saya mengetahui sosok Priangga adalah ketika membaca blognya Mas Sugeng tentang wawancara beliau dengan sosok Priangga.

Dari situlah Saya mulai penasaran dengan sepak terjang blogger bernama lengkap Priangga Otviapta ini.

Priangga Otviapta

Dan ketika Saya melihat blognya, Saya terkagum-kagum karena melihat berbagai macam prestasi yang sudah ia raih, khususnya melalui berbagai macam lomba yang berhasil ia menangkan.

Saat ini Mas Priangga sudah cukup jarang ikut lomba, namun justru para brand dan klien yang berbondong-bondong mendatangi dirinya (Blognya) untuk menawarkan kerjasama.

Berikut ini merupakan profile dan prestasi Priangga Otviapta.

#3. Evrina Budiastuti

Mbak Ev. Begitu biasa Saya menyapanya di dunia maya. Saya (Merasa) mengenal beliau dan sering membaca blognya. Namun mungkin beliau tidak kenal Saya.

Well, sebenarnya Mbak Evrina ini memiliki lebih dari 1 (Satu) blog. Namun yang Saya masukkan disini hanya 1 (Satu) saja. Yakni: evrinasp.com.

Evrina Budiastuti

Anda bisa melihat sendiri berbagai konten menarik yang ada di blog tersebut, beserta sejumlah apresiasi dan penghargaan yang berhasil diraih oleh Mbak Evrina.

Ya, Mbak Evrina Budiastuti merupakan salah satu blogger wanita yang tetap produktif menulis disamping kesibukannya sebagai seorang Ibu rumah tangga.

Baca pencapaian dan prestasi ngeblog Evrina Budiastuti <- disini.

#4. Handiko Rahman Pebrianto

Blog personal Handikoo ini membahas seputar tutorial desain grafis, CorelDRAW, tips lomba blog, review film, review musik, pengalaman pribadi, dan tips seputar dunia IT.

Ya, blogger yang satu ini tidak hanya memiliki skill menulis yang oke, namun juga jagoan dalam hal desain. Apalagi dalam membuat infografis!

Handiko Rahman Pebrianto

Salah satu ciri khas Diko ketika menulis konten di blognya adalah:

Selalu Total Dalam Menulis dan Disertai Dengan Tampilan Visual Yang Menarik.

Jika Anda ingin mengetahui prestasi dan penghargaan yang sudah dicapainya, silahkan lihat disini: Penghargaan lomba handikoo.


Nah, sekarang kita bisa melihat bahwa para blogger Indonesia yang sukses di atas tidak mengandalkan program google adsense yang mungkin oleh sebagian blogger dianggap segalanya.

Sekali lagi, bukannya program google Adsense itu tidak bagus. Namun yang jadi poin pentingnya adalah, ada banyak cara untuk sukses sebagai seorang blogger.

Salah satunya adalah dengan menduplikasi cara yang telah dilakukan oleh para blogger di atas.

Selain itu, penting juga bagi para blogger untuk secara berkala mengikuti pertemuan offline seperti gathering komunitas blogger, kopdar, dan berbagai event lainnya.

Karena tidak jarang, dari berbagai kegiatan tersebutlah para blogger mendapatkan banyak informasi penting yang sangat berguna.


Blog merupakan aset yang harus dijaga dengan baik kualitasnya.

Dan seorang blogger sejati tidak akan terpaku pada bagaimana cara cepat untuk menghasilkan uang.

Namun mereka akan menganggap bahwa aktivitas blogging tak jauh berbeda seperti halnya dengan investasi, yang suatu saat nanti bisa memberikan hasil yang memuaskan.

So, jadilah blogger bermartabat dengan menyebarkan konten yang bermanfaat…

Reza Aditya

A Full Time Blogger And Internet Marketer.

48 thoughts on “Blogger Indonesia Yang Sukses Dan Berprestasi Tanpa Google Adsense

    1. Yup. Tepat sekali pak. SEO Merupakan salah satu teknik mendatangkan trafik yang baik. Disamping itu rasanya perlu juga untk membangun database email melalui free gift seperti yang saya sediakan di blog ini ^-^.

    1. Kalimta itu muncul Spontan saja sebenarnya. Karena Saya sedikit kesal dengan banyaknya blogger yang jadi “Budak Trafik”. Menghalalkan segara cara termasuk sebar konten negatif hanya demi tulisannya di klik dan dibaca. Semoga kita tidak termasuk salah satunya. Aamiin…

    1. Kalimta itu muncul Spontan saja sebenarnya. Karena Saya sedikit kesal dengan banyaknya blogger yang jadi “Budak Trafik”. Menghalalkan segara cara termasuk sebar konten negatif hanya demi tulisannya di klik dan dibaca. Semoga kita tidak termasuk salah satunya. Aamiin…

  1. Inspiratif, setuju mas Reza….jgn terlalu tergntung dgn adsense, menurut sy adsense bonus, yg terpnting konten yng bermanfaat, menarik dan konsisten

  2. Suka bangey sama quotenya mas, jadilah blogget bermartabat.
    Bener banget rezeki bisa dari segala penjuru. 4 blogger ini memang kece, mba ev dan mba nunik yg sudah aku kenal memang inspiratif banget deh.

  3. Ah… sukak aq dg tulisan mas Reza ini.

    Iya ya.. yang paling penting dr sebuah blog adl menebarkan hal2 yg bermanfaat.

    Dan rejeki dr ngeblog adl investasi yg akan kita petik suatu saat.

    Terima kasih buat inspirasinya 😊

  4. Kata orang Bengkulu itu Camkohaaaa (sambil angkat dua jempol tangan ke depan) bang, inspiratif, salam kenal dari newbie, makin semangat untuk terus belajar konsisten ngeblogging, salam

    1. Salam kenal jugak prio. Seperti pesan Tokoh “Rancho” di film 3 idiots: Jgn belajar utk menjadi kaya saja. Tapi belajarlah menjadi ahli. Maka uang dan kekayaan akan datang dengan sendiri…

  5. pernah jumpa dengan mbak evrina dan mas priangga.. kebetulan satu grup di komunitas yang sama :) yang lain semoga ada kesempatan untuk berjumpa.. kadang membaca tulisan saja, bikin kita pengen tau gimana wujud penulis aslinya :D

  6. saya sering membaca tulisan para blogger, baik yg terkenal atw tidak… krn tulisannya sbagian besar bermanfaat.
    sya jg kadang suka menulis di blog, tp masih angin2n, tdk konsisten dan tdk ada target, hanya mengikuti kata hati saja, hehe… tp pengen jg sih suatu saat bisa seperti bloger2 yg ada ditulisan mas reza… yg berprestasi dan menghasilkan rupiah, hehe

  7. Top…
    Baru kenal 1 euy..mba evrina…
    Sepakat banget dengan tulisannya, tapi pada suatu titik kayaknya tetep harus belajar SEO..meski ga jago2 amat si

  8. Waah ada mbak nunik dan kak ev. Bener banget, menghasilkan uang dari blog ga mesti dengan google adsense, tapi dengan cara lain seperti ikut lomba dan menerima sponsored post

  9. Wah, saya setuju mas :) Ada banyak jalan menuju Roma, apalagi untuk dunia blogging ya! Dengan adanya temen2 yg sukses itu, secara langsung mempengaruhi kita untuk terus termotivasi :) Salam kenal :)

  10. Halo mas Reza, salam kenal
    Saya juga termasuk orang yg nggak pakai google ads sbg pundi2 rupiah. Tapi alhamdulillah rejeki dari blog terus ngalir, kadang lewat sponsored post atau menang lomba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!